Tema
Kepuasan
Pelanggan
- Tujuan Wawancara
- Untuk mengetahui apa saja identifikasi karakteristik atribut surat kabar Dumai Pos yang diinginkan oleh para pelanggan
- Untuk mengetahui tingkat kebutuhan dan kepuasan pelanggan surat kabar Dumai Pos
- Definisi Operasional
Menurut
Tjiptono (1997), pada hakikatnya tujuan bisnis adalah menciptakan dan
mempertahankan para pelanggan. Semua usaha manajemen diarahkan ke satu tujuan
utama, yaitu kepuasan pelanggan yang mengakibatkan kunjungan pelanggan. Apapun
yang dilakukan manajemen tidak ada gunanya apabila akhirnya tidak menghasilkan
peningkatan kepuasan pelanggan.
Sejumlah pakar mendifinisikan kepuasan pelanggan atau
ketidakpuasaan pelanggan sebagai akibat dari respons pelanggan terhadap
ketidaksesuaian yang dipersepsikan antara harapan awal sebelum pembelian dan
kinerja aktual produk yang dirasakan oleh pemakaiannya. Menurut Richard Oliver (1997) dalam James G. Barnes (2003),
kepuasan adalah tanggapan pelanggan atas terpenuhinya kebutuhannya hal itu
berarti penilaian bahwa bentuk keistimewaan tertentu barang atau jasa ataupun
barang/jasa itu sendiri memberikan tingkat kenyamanan yang terkait dengan
pemenuhan kebutuhan tertentu. Tingkat kenyamanan juga mencakup pemenuhan kebutuhan
yang di bawah harapan atau pemenuhan kebutuhan yang melebihi harapan pelanggan.
Menurut Kotler
(2006), kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah
membandingkan kinerja (hasil) yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya.
- Aspek-Aspek Kepuasan Pelanggan
Ada delapan Aspek kualitas yang dikembangkan Garvin dan dapat digunakan
sebagai kerangka perencanaan strategis dan analisis, terutama untuk produk
manufaktur (Tjiptono,2002). Aspek
tersebut adalah:
a. Performance (kinerja) yaitu karakteristik
operasi pokok dari produk
b. Features yaitu karakteristik sekunder atau pelengkap
c. Reliability (kehandalan) yaitu
probabilitas produk mengalami kerusakan atau gagal dipakai
d. Conformance to specifications yaitu sejauh
mana karakteristik desain dan operasi
memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan sebelumnya
e. Durability berhubungan dengan
jangka waktu penggunaan produk
f. Serviceability meliputi
kecepatan, kompetensi dan kemudahan reparasi serta penanganan keluhan yang
memuaskan
g. Aesthetics yaitu daya tarik produk
terhadap panca indra
h.
Perceived
quality yaitu citra dan reputasi produk
- Guide Wawancara
Menanyakan kepada subjek tentang topik seputar permasalan Kepuasan
Pelanggan terhadap Surat Kabar Dumai Pos
- Judul berita yang menarik
- Susunan berita yang teratur
- Bentuk, warna, dan ukuran huruf yang dipakai
- Jumlah foto dan kualitas foto yang ditampilkan
- Merupakan informasi yang terkini
- Disajikan secara lengkap dan detail
- Menyangkut kepentingan masyarakat luas
- Menjelaskan fakta secara lengkap
- Langsung dari sumber berita
- Pemberitaannya berimbang dan jelas
- Ulasan berita dari tingkat daerah
- Ulasan berita dari tingkat nasional
- Ulasan berita dari tingkat internasional
- Ulasan di bidang ekonomi dan politik
- Ulasan di bidang pendidikan dan teknologi
- Ulasan di bidang hiburan dan olahraga
- Nilai berita dari gambar
- Kualitas cetak dari gambar
- Ukuran dan warna gambar yang ditampilkan
- Bentuk keseluruhan desain halaman
- Susunan lay out berita dan iklan
- Susunan dan pilihan rubrik / kolom ulasan
- Ukuran, warna, dan desain iklan
- Penempatan iklan yang teratur pada lay out
- Jumlah dan jenis iklan yang ditampilkan
- Daftar Pustaka
Ridwan, 2003. “Skala Pengukuran
Variabel-Variabel Penelitian”, Alfabeta, Bandung.
Surya, Sumadi, 2005. “Metodologi
Penelitian”. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Tjiptono, Fandy, 2008. “Service
Manajemen Mewujudkan Layanan Prima”, Yogyakarta,
Andi Offset.
Tjiptono, Fandy, 2005. “Manajemen Jasa”, Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, 2005. “Total Quality Service”, Andi, Yogyakarta.
Umar, Husein. 2002. “Riset Pemasaran
dan Perilaku Konsumen”. Jakarta
: Gramedia Pustaka Utama.
Wijaya, Tony. 2011. “Manajemen
Kualitas Jasa”, Jakarta,
Indeks.
Analisis kepuasan pengunjung Perpustakaan Sekolah
Dasar Negri 14 Buluh Kasap Dumai
- Tema
Kepuasan Pelanggan
- Tujuan Wawancara
a.
Mengetahui
atribut-atribut yang di anggap penting dari keinginan konsumen.
b.
Untuk mengetahui
tingkat kepentingan, kinerja, parameter teknik, kebutuhan proses dan prosedur
kualitas terhadap atribut jasa perpustakaan Sekolah Dasar Negri 14 Buluh Kasap
Dumai
c.
Menghasilkan suatu
prioritas pengembangan kualitas bagi pihak Perpustakaan Sekolah Dasar Negri 14
Buluh Kasap Dumai dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan.
- Definisi Operasional
Menurut
Tjiptono (1997), pada hakikatnya tujuan bisnis adalah menciptakan dan
mempertahankan para pelanggan. Semua usaha manajemen diarahkan ke satu tujuan
utama, yaitu kepuasan pelanggan yang mengakibatkan kunjungan pelanggan. Apapun
yang dilakukan manajemen tidak ada gunanya apabila akhirnya tidak menghasilkan
peningkatan kepuasan pelanggan.
Sejumlah pakar mendifinisikan kepuasan pelanggan atau
ketidakpuasaan pelanggan sebagai akibat dari respons pelanggan terhadap
ketidaksesuaian yang dipersepsikan antara harapan awal sebelum pembelian dan
kinerja aktual produk yang dirasakan oleh pemakaiannya. Menurut Richard Oliver (1997) dalam James G. Barnes (2003),
kepuasan adalah tanggapan pelanggan atas terpenuhinya kebutuhannya hal itu
berarti penilaian bahwa bentuk keistimewaan tertentu barang atau jasa ataupun
barang/jasa itu sendiri memberikan tingkat kenyamanan yang terkait dengan
pemenuhan kebutuhan tertentu. Tingkat kenyamanan juga mencakup pemenuhan
kebutuhan yang di bawah harapan atau pemenuhan kebutuhan yang melebihi harapan
pelanggan.
Menurut Kotler
(2006), kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah
membandingkan kinerja (hasil) yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya.
- Aspek-Aspek Kepuasan Pelanggan
Ada delapan Aspek kualitas yang dikembangkan Garvin dan dapat digunakan
sebagai kerangka perencanaan strategis dan analisis, terutama untuk produk
manufaktur (Tjiptono,2002). Aspek
tersebut adalah:
a. Performance (kinerja) yaitu
karakteristik operasi pokok dari produk
b. Features yaitu karakteristik sekunder atau pelengkap
c. Reliability (kehandalan) yaitu
probabilitas produk mengalami kerusakan atau gagal dipakai
d. Conformance to specifications yaitu sejauh
mana karakteristik desain dan operasi
memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan sebelumnya
e. Durability berhubungan dengan
jangka waktu penggunaan produk
f. Serviceability meliputi kecepatan,
kompetensi dan kemudahan reparasi serta penanganan keluhan yang memuaskan
g. Aesthetics yaitu daya tarik produk
terhadap panca indra
h.
Perceived
quality yaitu citra dan reputasi produk
- Guide Wawancara
Menanyakan kepada subjek tentang topik seputar permasalan Kepuasan
Pelanggan terhadap Surat Kabar Dumai Pos
- Penilaian kinerja karyawan
- Menyediakan fasilitas dalam perpustakaan
- Penempatan bahan pustaka sehingga tersusun dengan rapi
- Kenyamanan dalam lingkungan perpustakaan
- Memberikan pamplet informasi
- Memberikan buku perpustakaan yang terbaru
- Ketanggapan dalam memberikan informasi
- Cepat tanggap karyawan dalam membantu siswa/i
- Kelancaran dan keramahan karyawan dalam berkomunikasi
- Kebersihan dan kerapian ruang perpustakaan
- Kelengkapan koleksi buku
- Ruang baca yang nyaman
- Penempatan bahan pustaka di rak sesuai dengan lokasi call number
- Keamanan barang di loker
- Daftar Pustaka
Ridwan, 2003. “Skala
Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian”, Alfabeta, Bandung.
Surya, Sumadi, 2005. “Metodologi Penelitian”. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Tjiptono, Fandy, 2008. “Service Manajemen Mewujudkan Layanan Prima”, Yogyakarta,
Andi Offset.
Tjiptono, Fandy,
2005. “Manajemen Jasa”, Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy,
2005. “Total Quality Service”,
Andi, Yogyakarta.
Umar, Husein. 2002. “Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen”. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Wijaya, Tony. 2011. “Manajemen Kualitas Jasa”, Jakarta,
Indeks. Gasperz, v ,2002. Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa, gramedia
pustaka utama, jakarta.
Lowe, A. J
& Ridgway . 2000. Quality Function
Deployment, di akses melalui www.google.co.id
Sidiq Hartanto. ”Analisa
Kualitas Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi” Dengan Metode Quality function
Deployment. U.M.S, 2008.
Analisis Kepuasan
Pelanggan Terhadap Pelayanan UPT. Bandar Udara Pinang Kampai Kota Dumai
- Tema
Kepuasan Pelanggan
B.
Tujuan Wawancara
A.
Untuk mengetahui keunggulan dan
kelemahan berdasarkan keinginan atau kebutuhan pelanggan penerbangan UPT.
Bandar Udara Pinang Kampai Dumai.
B.
Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja
yang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen pelanggan penerbangan UPT.
Bandar Udara Pinang Kampai Dumai.
C. Definisi Operasional
Menurut
Tjiptono (1997), pada hakikatnya tujuan bisnis adalah menciptakan dan
mempertahankan para pelanggan. Semua usaha manajemen diarahkan ke satu tujuan
utama, yaitu kepuasan pelanggan yang mengakibatkan kunjungan pelanggan. Apapun
yang dilakukan manajemen tidak ada gunanya apabila akhirnya tidak menghasilkan
peningkatan kepuasan pelanggan.
Sejumlah pakar mendifinisikan kepuasan pelanggan atau
ketidakpuasaan pelanggan sebagai akibat dari respons pelanggan terhadap
ketidaksesuaian yang dipersepsikan antara harapan awal sebelum pembelian dan
kinerja aktual produk yang dirasakan oleh pemakaiannya. Menurut Richard Oliver (1997) dalam James G. Barnes (2003),
kepuasan adalah tanggapan pelanggan atas terpenuhinya kebutuhannya hal itu
berarti penilaian bahwa bentuk keistimewaan tertentu barang atau jasa ataupun
barang/jasa itu sendiri memberikan tingkat kenyamanan yang terkait dengan
pemenuhan kebutuhan tertentu. Tingkat kenyamanan juga mencakup pemenuhan
kebutuhan yang di bawah harapan atau pemenuhan kebutuhan yang melebihi harapan
pelanggan.
Menurut Kotler
(2006), kepuasan pelanggan adalah tingkat perasaan seseorang setelah
membandingkan kinerja (hasil) yang ia rasakan dibandingkan dengan harapannya.
D.
Aspek-Aspek Kepuasan Pelanggan
Ada delapan Aspek kualitas yang dikembangkan Garvin dan dapat digunakan sebagai
kerangka perencanaan strategis dan analisis, terutama untuk produk manufaktur (Tjiptono,2002). Aspek tersebut adalah:
i.
Performance (kinerja) yaitu
karakteristik operasi pokok dari produk
j.
Features yaitu
karakteristik sekunder atau pelengkap
k. Reliability (kehandalan) yaitu
probabilitas produk mengalami kerusakan atau gagal dipakai
l.
Conformance to
specifications yaitu sejauh mana karakteristik desain
dan operasi memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan sebelumnya
m. Durability berhubungan dengan
jangka waktu penggunaan produk
n. Serviceability meliputi kecepatan,
kompetensi dan kemudahan reparasi serta penanganan keluhan yang memuaskan
o. Aesthetics yaitu daya tarik produk
terhadap panca indra
p.
Perceived
quality yaitu citra dan reputasi produk
E. Guide Wawancara
Menanyakan kepada subjek tentang topik seputar permasalan Kepuasan
Pelanggan terhadap Surat Kabar Dumai Pos
a. Bagaimana
kebersihan lingkungan layanan
b. Tempat
parkir yang aman dan luas
c. Bagaimana
kondisi fasilitas fisik layanan yang ada pada UPT. Bandara Pinang Kampai Dumai
(bangunan, ruang tunggu, tempat duduk, dll).
d. Bagaimana
Penampilan atau seragam karyawan yang ada saat ini
e. kemudahan
prosedur administrasi di UPT. Bandara Pinang Kampai Dumai
f. Bagaimana
pelayanan pembelian tiket pada UPT. Bandara Pinang Kampai Dumai
g. Pelayanan
yang diterima disaat bording tiket
h. Pemberian
informasi oleh petugas UPT. Bandara Pinang Kampai Dumai jelas dan mudah
dimengerti
i.
Kepedulian karyawan UPT. Bandara Pinang Kampai Dumai
terhadap keluhan pelanggan
j.
Bagaimana inisiatif karyawan untuk membantu pelanggan
k. Pengetahuan
karyawan UPT. Bandara Pinang Kampai Dumai mengenai pelayanan kepada pelanggan
l.
Upaya pemahaman terhadap kebutuhan pelanggan (kotak
saran, survey pelanggan, dll)
m. Perhatian
karyawan terhadap pelanggan tanpa memandang status social
n. Apakah
komunikasi karyawan mudah dimengerti atau dipaham
o. Keramahan
dan rasa simpatik karyawan UPT. Bandara Pinang Kampai Dumai kepada pelanggan
F.
Daftar
Pustaka
C. Trihendradi, 2008. “Step by
Step SPSS 16 Analisis dan Statistik”, Andi, Yogyakarta.
Dhini, Arian dan Puspita, Indi. “Penentuan
Prioritas Perbaikan Pelayanan Penumpang Di Terminal 2 Bandara Internasional
Soekarno-Hatta Dengan Menggunakan Metode Servqual Dan IPA” Proceeding SNTI
dan Kongres BKSTI VI, 2011.
Ridwan, 2003. “Skala Pengukuran
Variabel-Variabel Penelitian”, Alfabeta, Bandung.
Surya, Sumadi, 2005. “Metodologi
Penelitian”. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Tjiptono, Fandy, 2008. “Service
Manajemen Mewujudkan Layanan Prima”, Yogyakarta, Andi Offset.
Tjiptono, Fandy, 2005. “Manajemen Jasa”, Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, 2005. “Total Quality Service”, Andi,
Yogyakarta.
Umar, Husein. 2002. “Riset
Pemasaran dan Perilaku Konsumen”. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Wijaya, Tony. 2011. “Manajemen
Kualitas Jasa”, Jakarta, Indeks.
Lesmana, Andi. “Analisis
Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Bank Mandiri (Persero) Tbk di Bagian Retail
& Consumer Risk Group”.
http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/postgraduate/management/Perbankan/Artikel.pdf.
12 Februari 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar